Update Berita Terbaru 2018

Selasa, 09 Januari 2018

Posted by Muhammad Mirajudin in | Januari 09, 2018 No comments

Jika Anda menyukai tantangan dan berwisata alam, Gunung Batu Jonggol bisa jadi pilihan yang unik. Berlokasi di kawasan Sukamakmur, Jonggol, Kabupaten Bogor, destinasi wisata alam dengan pemandangan menawan ini sudah tak asing lagi bagi para penggila traveling.

Gunung Batu Jonggol sendiri sebenarnya hanyalah bukit dengan ketinggian 875 meter di atas permukaan laut, dengan pintu pendakian dimulai pada ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Untuk sampai ke atas puncak bukit ini biasanya pendaki hanya menghabiskan waktu sekitar 2 jam saja.

Berbahaya


Meski terlihat mudah, namun bukan berarti menjelajahi Gunung Batu Jonggol tanpa risiko. Kontur bukit yang tidak rata dan kemiringan yang curam menjadi tantangan bagi para pendaki.

Hal ini juga diwanti-wanti Edi Yamin dari komunitas Backpacker Jakarta. Saat dihubungi, Edi mengatakan, sebenarnya Gunung Batu Jonggol tempat yang cukup berbahaya untuk dijadikan tempat wisata umum, mengingat medannya sangat ekstrem dan treknya yang sempit.

Itu kan sudah beberapa kali kejadian juga, ada yang jatuh dan meninggal di tempat ini, ungkap Edi.

Setelah hits dan foto keindahannya banyak diunggah di media sosial, Edi mengharapkan pengelola destinasi wisata ini lebih memerhatikan tingkat keamanan para pengunjung.

Aksesnya dibenerin, keamanannya juga perlu diperhatikan, misal buatlah pagar pembatas yang aman, jangan terlalu ramai di atas tutur Edi.

Dari pusat Kota Bogor menuju pintu pendakian Gunung Batu Jonggol hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja. Mengingat belum ada kendaraan umum, pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi. Ada dua akses jalur yang bisa dilalui, pertama, via Cileungsi-Bogor menuju Kampung Menger. Kedua, via Cibinong-Citeureup menuju Tajur dan berakhir di kawasan Sukamakmur.

0 komentar:

Posting Komentar