Update Berita Terbaru 2019

Rabu, 27 Februari 2019

Posted by Muhammad Mirajudin in , , | Februari 27, 2019 No comments

Luka kerap terjadi saat kita melakukan aktifitas sehari-hari. Luka tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal mulai dari kecelakaan kecil seperti terjatuh ataupun teriris pisau hingga luka berat yang disebabkan oleh kecelakaan kendaraan ataupun hal lainnya. Tingkat keparahan luka pun sangat beragam, mulai dari yang ringan dan hanya terjadi pada permukaan kulit, dan ada pula yang berat hingga menembus lapisan kulit yang paling dalam. Untuk luka ringan Anda dapat menggunakan plester transparan tahan air dari hansaplast.

Bagaimana cara mengatasi luka yang benar, baik luka ringan maupun luka berat. Berikut ini hal-hal yang dapat Anda lakukan.

1. Pastikan memiliki kotak P3K. Kotak P3K merupakan kotak yang berisi berbagai alat dan obat-obatan untuk mengatasi luka. Berperan sebagai pertolongan pertama jika Anda mengalami luka. Pastikan kotak P3K Anda berisi rivanol, betadine, plester besar, plester luka anti air hansaplast, alkohol, dan obat-obatan ringan.

2. Bersihkan luka. Jika Anda terluka baik ringan maupun berat, langkah pertama adalah bersihkan luka Anda dengan menggunakan air. Bila memungkinkan basuh luka dengan air yang mengalir agas segala kotoran yang ada terbasuh sempurna.

3. Beri Alkohol. Langkah selanjutnya adalah bersihkan luka Anda dengan alkohol. Alkohol ini dapat membersihkan bakteri dan kuman yang ada di daerah luka dan sekitarnya,. Sehingga luka Anda terhindar dari infeksi. Alkohol yang Anda gunakan bisa alkohol 70% ataupun 90%.

4. Beri obat antiseptic. Langkah selanjutnya adalah berilah obat antiseptik pada luka Anda. Lalu tutup dengan plester. Anda dapat menggunakan plester luka anti air agar tidak masuk air dan luka cepat kering. Jika luka Anda cukup dalam maka harus dijahit terlebih dahulu baru ditutup. Untuk urusan menjahit luka alangkah baiknya Anda menghubungi tenaga kesehatan yang ahli. Sebab menjahit luka memerlukan kompetensi tersendiri dan tidak bisa dilakukan sembarang orang.

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menangani luka agar tidak infeksi dan cepat sembuh. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar