Update Berita Terbaru 2019

Jumat, 13 September 2019

Posted by mirajudin in , , | September 13, 2019 No comments

Banyaknya perusahaan asuransi memberikan keuntungan tersendiri bagi masyarakat, dimana mereka bisa lebih bebas memilih asuransi mana yang paling klik di hati. Asuransi ini sendiri tentu bukanlah suatu istilah yang baru karena sudah banyak masyarakat yang menggunakannya. 

Meskipun ada banyak sekali asuransi terbaik di Indonesia¸ pada dasarnya asuransi itu adalah sama. Yaitu, mempunyai masa berlaku dan bisa batal yang diakibatkan oleh berbagai hal. Jika Anda tertarik untuk menggunakan asuransi, tentu Anda harus paham dengan kedua hal tersebut supaya bisa lebih mudah menghindari peristiwa-peristiwa yang tak diinginkan. Adapun penjelasannya seperti berikut ini. 

Ketentuan Berlakunya Asuransi

Mengenai ketentuan berlakunya asuransi, tentu ini didasarkan pada penutupannya. Hal ini dikarenakan hak serta kewajiban pihak penanggung dan pihak tertanggung akan muncul ketika asuransi tersebut ditutup sekalipun polisnya masih belum diterbitkan. 

Adapun penutupan asuransi ini pada prakteknya akan dibuktikan dengan ditandatanganinya atau disetujuinya aplikasi cover note (dalam hal ini kontrak sementara) dan dibayarnya premi. Dengan adanya kontrak sementara ini pula, maka penanggung atau pihak perusahaan asuransi wajib mengeluarkan atau menerbitkan polis asuransi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. 

Ketentuan Batalnya Asuransi

Seperti yang Anda ketahui, asuransi ini pada dasarnya merupakan suatu bentuk perjanjian. Otomatis, asuransi ini juga mempunyai risiko untuk batal atau justru dibatalkan apabila memang syarat sahnya perjanjian tidak terpenuhi. Syarat sah perjanjian ini mengacu pada Pasal 1320 KUH Perdata. Namun, di luar ketentuan tersebut, asuransi juga bisa batal apabila terjadi hal-hal berikut ini. 

  1. Terdapat penipuan, akal cerdik atau kecurangan dari pihak tertanggung
  2. Memuat kerugian yang telah ada sebelum perjanjian pertanggungan atau perjanjian asuransi ditandatangani
  3. Memuat keterangan yang tidak benar atau jika pihak tertanggung tidak mengabarkan hal-hal yang telah diketahuinya, dimana apabila hal-hal yang dimaksud disampaikan pada pihak penanggung bisa berakibat pada ditutupnya perjanjian pertanggungan atau perjanjian asuransi
  4. Jika obyek pertanggungan tidak boleh diperdagangkan menurut peraturan undang-undang dan suatu kapal entah itu kapal Indonesia maupun kapal asing yang dimanfaatkan untuk mengangkut obyek pertanggungan tersebut tidak boleh diperdagangkan pula menurut peraturan undang-undang

Ketentuan berlaku dan batalnya asuransi di atas pada dasarnya adalah untuk melindungi kedua belah pihak dari kerugian. Terlepas dari hal tersebut, untuk Anda yang ingin masa tua lebih terjamin dan mapan setelah pensiun, Anda bisa membuka https://www.generali.co.id/id/pensiun. Coba pertimbangkan link ini, siapa tahu cocok untuk Anda. Semoga bermanfaat.  

0 komentar:

Posting Komentar