Update Berita Terbaru 2019

Kamis, 17 Oktober 2019

Posted by mirajudin in , | Oktober 17, 2019 No comments

Memang rasa nyeri yang dirasakan pada bagian persendian bisa disebabkan karena adanya benturan benda keras, namun rasa nyeri sendi ini juga bisa disebabkan karena penyakit asam urat. Hal ini dkarenakan kandungan purin yang menumpuk menyebabkan otot menjadi kaku dan pegal, yang akhirnya bisa menimbulkan rasa sakit yang tidak tertahankan. 

Perlu anda ketahui bahwa penyakit asam urat ini bisa timbul karena asupan makanan yang salah. Jadi, jika asupan makanan ini tidak dijaga dengan baik, maka penderita asam urat akan mengalami gangguan ginjal yang bisa berujung pada kematian. Untuk terhindar dari masalah tersebut, segera ubah asupan makanan dengan cara menghindari makanan pantangan asam urat sebagai berikut ini :

1. Jeroan

Makanan pertama yang harus dihindari oleh orang yang menderita penyakit asam urat adalah jeroan. Karena organ hati yang pada hewan ini memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Adapun makanan jeroan ini diantaranya adalah ginjal, jantung, otak, paru, limpa, usus, hati, dan lain sebagainya.

2. Daging Merah

Jenis makanan pantangan asam berikutnya adalah daging merah. Karena daging merah ini memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Adapun jenis makanan yang termasuk daging merah adalah daging sapi, daging kambing, dan daging babi. Oleh karena itu, bagi orang yang menderita penyakit asam urat disarankan untuk menghindari mengonsumsi daging merah jenis apapun.

3. Kedelai Olahan

Memang makanan fermentasi yang berbahan dasar dari kacang kedelai seperti tahu, dan tempe serta makanan berbahan kedelai lainnya ini merupakan makanan pavorit masyarakat di Indonesia karena harganya yang murah dan bergizi. Akan tepapi bagi orang yang menderita penyakit asam urat disarankan untuk membatasi mengonsumsi makanan olahan kedelai ini. karena makanan olahan kedelai ini memiliki kandungan purin yang cukup tinggi.

4. Gula

Walaupun kandungan purin dalam gula ini cukup rendah, namun bagi anda yang memiliki asam urat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan. karena dengan mengonsumsi gula yang berlebihan bisa menyebabkan diabetes atau obesitas yang akhirnya bisa memperburuk gejala rematik dari penyakit asam urat. Selain itu, hindari juga mengonsumsi minuman yang mengandung fruktosa karena bisa meningkatkan kadar asam urat. Namun jika anda ingin menikmati makanan yang manis, anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang segar. 

5. Nangka

Makanan lainnya yang menjadi pantangan bagi orang yang menderita penyakit asam urat adalah nangka. Karena nangka ini mengandung tinggi purin. Selain itu, purin juga bisa mengganggu fungsi ginjal karena tidak bisa dicerna dan dikeluarkan oleh tubuh. Yang akhirnya akan terjadi penumpukan asam urat pada ginjal yang bisa menjadi penyebab batu ginjal.

6. Nanas

Selain nangka, ternyata nanas juga bisa menyebabkan timbulnya asam urat. Hal ini dikarenakan pada nanas akan difermentasi menjadi alkohol di dalam pencernaan yang bisa menyebabkan timbulnya asam urat.

7. Mangga

Memang sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik, termasuk mengonsumsi mangga secara berlebihan bisa menghambat menurunnya kadar kalori di dalam tubuh yang mengakibatkan berat badan bertambah. Tentunya hal ini bisa menimbulkan asam urat. Oleh karena itu, batasi dalam mengonsumsi mangga jangan berlebihan.

Selain beberapa makanan di atas, ada juga makanan lainnya yang merupakan pantangan bagi penderita asam urat yaitu pisang dan durian. Karena pisang ini mengandung glukosa yang tinggi sehingga bisa menaikan berat badan. Sedangkan durian mengandung kolesterol tinggi. Sehingga durian ini merupakan makanan pantangan bagi penderita kolesterol dan asam urat. Demikianlah artikel kali ini semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar