Update Berita Terbaru 2020

Minggu, 24 Januari 2021

Posted by mirajudin in , , | Januari 24, 2021 No comments


Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan saat berencana untuk membeli mobil baru. Sebab, harga aset ini tidaklah murah sehingga harus dipertimbangkan dengan baik. Bahkan saat Anda melihat adanya tawaran promo Mitsubishi Pajero, jangan langsung memilih tipe yang paling murah untuk dibeli tanpa membandingkan perbedaan antar tipenya terlebih dahulu. Sebab mungkin saja, ada tipe yang memiliki fitur sesuai kebutuhan Anda tetapi harganya tidak berbeda terlalu jauh dengan yang standar. Misalnya saja fitur keyless dan immobilizer yang digunakan untuk keamanan mobil.

Membedakan keyless dengan immobilizer

Smart entry key atau keyless menawarkan kemudahaan akses dengan membuka pintu secara otomatis dari jarak tertentu. Selain itu, keyless juga sudah tak memakai anak kunci karena digantikan memakai remot yang dilengkapi pemancar dan receiver.

Sementara immobilizer menggunakan teknologi lebih mengutamakan sistem keamanan pada fungsinya. Jenis teknologi yang ditanamkan dalam immobilizer sudah muncul lebih awal untuk kemudian dikembangkan menjadi keyless. Namun, bukan berarti mobil dengan keyless memiliki immobilizer mengingat teknologi yang dipakai sangat kompleks.

Keunggulan immobilzer untuk keamanan mobil

Apa faktor yang membuat immobilzer lebih rumit dibandingkan keyless? Perangkat pada sistemnya menggunakan enkripsi khusus untuk memancarkan sinyal kode. Ada pula antena penerima sinyal yang berfungsi untuk mencocokkan kode pada kunci dengan yang ada pada mobil. Jika cocok, mobil Anda akan mudah menyala. 

Namun, kalau kodenya berbeda, ECU (Electronical Control Unit) tak akan mengalirkan bahan bakar ke mesin, sehingga mobil tak menyala. Walau anak kunci masih tetap pas saat dimasukkan ke lubang, absennya sinyal dari transponder ke ECU tak akan memungkinkan Anda menyalakan kendaraan. Sistem keamanan ini yang dinilai dapat mengurangi risiko pencurian mengingat pelaku akan kesulitan membobol mobil.

Kelemahan pada masing-masing sistem

Baik keyless maupun immobilizer pun mempunyai kelemahan yang harus Anda antisipasi. Pada keyless, pemilik kendaraan kadang tak menyadari baterai pada kunci melemah atau habis, sehingga merepotkan mereka saat membuka pintu mobil. 

Namun, hal ini dapat dicegah dengan mengenali tanda-tandanya, seperti lampu indikator meredup dan respons yang melambat. Rata-rata usia keyless pun dapat mencapai tiga tahun, sehingga Anda bisa langsung menggantinya sebelum kehabisan tenaga.

Sementara immobilizer memiliki kelemahan pada teknologi transponder chip yang mempunyai kode khusus terpasang dalam mobil. Kerusakan pada salah satu komponen atau malah immobilizer yang hilang mengharuskan Anda mengganti seluruh rangkaiannya yang mencakup ECM, PCM, kunci, dan rumah kunci. Oleh karena itu, harga mobil dengan immobilizer cenderung mahal dibandingkan yang memakai keyless.

Setelah mengetahui perbedaan, kelebihan serta kekurangan keyless dan immobilizer, Anda diharapkan bakal lebih mudah membawa mobil. Jadi, Anda bisa berkendara dengan menjaga sistem keamanan dan memastikan kendaraan terhindar dari macam-macam risiko meski sedang tak Anda gunakan.

0 komentar:

Posting Komentar